Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 23 Januari 2012

Pengalaman Memulai Membuka Usaha

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
Berikut sharing pengalaman dari Ibu Fauziah tentang pengalamannya dalam memulia membuka usaha. Kata orang energi yang diperlukan untuk memulai usaha itu lebih besar daripada menjalankan usaha yang sudah ada. Langsung saja, mari kita simak pengalaman Ibu Fauziah dalam memulai usaha.....

Assalamaualaikum wr.wb.

Saya seorang ibu RT biasa, ingin memberi sedikit pengalaman yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi rekan2 lain yang ingin buka usaha dan masih ragu memulainya…..Saya baru memulai usaha hampir 2 bulan, tepatnya sejak tanggal 24 Okt 07, berjualan apa saja…dari pakaian wanita, mukena, baju anak, batik, jilbab, dll…
Bermula secara spontan tanpa banyak pertimbangan, dari niat membantu seorang teman yang ingin usaha tapi tak punya modal, jadi saya bantu dengan produk2 yang saya beli grosiran dari Jakarta (kebetulan saya sering mondar mandir Jakarta-Semarang), lalu dia jual ke kantor dengan sistem cash maupun credit max 2 bulan. Dari satu teman,berlanjut ada teman lain yang jg mau menjual barang2 saya , bahkan saya tawarkan ke guru anak saya…terus begitu hingga ada 5 orang yang saya percaya yang mau menjualkan barang2 saya. Karena target saya bulan pertama hanya baru "mencari pasar", saya hanya mengambil keuntungan sangat minim dan membiarkan mereka menentukan harga penjualannya.

Satu bulan pertama, berdasarkan pantauan dari teman2 marketing atas produk yang diinginkan pasar, saya selalu mendatangkan produk2 baru tiap hari senin dan/rabu dan merolling produk2 tersebut setiap hari jumat ke masing2 marketing…sehingga produk tidak terlalu lama dipegang oleh 1 marketing dan variasi produk bisa dinikmati semua marketing dengan adil.. Genap 1 bulan, semua produk dikembalikan pada saya, saya istilahkan "opname produk" jg hari untuk setor hasil penjualan, sehingga saya bisa menghitung secara tepat omzet dan profit saya dalam satu bulan…sungguh terkejut saya mendapatkan omzet yang 4x lipat dari target yang saya rencanakan…, dan jumlah produk yang terjual mancapai 200pcs, shg saya berkesimpulan: dari modal yang saya keluarkan, bila bulan2 berikutnya dapat saya (dan teman2) pertahankan, saya cukup optimis dalam 2-3 bulan akan bisa tercapai BEP,..
Padahal saya memulai usaha setelah lebaran, dimana sebenarnya pasar biasanya kurang bergairah…tapi ternyata sistem yang saya jalankan cukup efektif karena "menjemput bola"…walaupun terus terang saya hampir tidak mengeluarkan "keringat" karena saya hanya memanage saja, memberi sedikit training dan tentunya menerapkan open managemen…tak akan tercapai kesuksesan bila tanpa kerjasama yang baik dan ikatan yang kuat antar personal…sebagai ibu yang punya anak batita, tentunya waktu saya jd masih cukup banyak untuk mengurus keluarga. Semoga pengalaman saya membawa inspirasi dan semangat untuk yang membutuhkan…terutama bagi ibu2 RT yang lain,…

Selamat memulai usaha…
Wassalam


Ada banyak aspek yang bisa kita perlajari dari langkah-langkah yang sudah Bu Fauziah ambil, khususnya bagi ‘pengusaha’ pemula, antara lain:

# Niat awal membuka usaha: bukan hanya mencari keuntungan. Ada niat mulia dibalik itu, mungkin niat yang sederhana yaitu ingin membantu orang lain, tapi itu mencerminkan sifat yang mulia. Untuk memulai usaha jangan egois memikirkan untung untuk diri sendiri saja.

# Nothing To Loose, atau mungkin lebih tepatnya Ikhlas menjalaninya, ikhlas mendapatkan untung yang kecil asal orang lain bisa dapat untung. Bisa juga diartikan, buka usaha boleh dan syah-syah saja berharap dapat untung, tapi kalaupun gagal, kita siap menerima akibat / resikonya.

# Target yang terjangkau: Seperti yang Bu Fauziah tulis, target pertama hanya mencari pasar. Coba kalau target pertama sudah dipatok terlalu tinggi misalnya harus untung sekian juta, mungkin ceritanya akan lain. Demikian juga kami di Kios Addina, awalnya kami membuat target yang realistis dan boleh dibiliang sangat kecil. Sekali kita bisa mencapai target pertama, maka untuk menetapkan target berikutnya yang lebih besar kita bisa semakin yakin. Sama seperti naik tangga, selalu diawali dari tangga terendah yang sangat mudah terjangkau.

# Kreatif : Mungkin selama ini kita selalu terpaku pada keinginan sendiri bahwa untuk membuka usaha pakaian harus ada tokonya. Bu Fauziah justru punya ide lain, tidak perlu membuka toko (benar kan Bu?), cukup menggunakan jasa pemasaran yang direkrut dari lingkungan sekitar. Ide yang sederhana, brilian, dan kadang tidak terpikir oleh kita. Padahal sebenarnya contoh model usaha seperti ini sudah banyak, MLM misalnya, atau usaha direct selling lainnya. Tinggal lakukan ATM = Amati, Tiru, Modifikasi.

Demikian juga kreatif dalam memutar barang dagangan. Antar pemasar, barang-barang yang tidak laku saling dipertukarkan. Karena memang sering terjadi di tempat yang satu barang A tidak laku, tapi di tempat lain barang yang sama akan mudah laku.

# Bentuk sistem : Sesederhana apapun usaha kita sebenarnya ada sistem di dalamnya. Masalahnya kadang kita biarkan sistem tumbuh liar, tidak kita arahkan dan tidak kita pelihara. Nah Bu Fauziah, juga sudah membentuk sistem, dari sistem pemasaran, sistem stok opname, sistem perhitungan omset dan keuntungan, sistem manajeman produk dan manajeman tenaga pemasar, ada sistem traningnya juga dan sistem lainnya. Tinggal dikembangkan sistemnya ya Bu.

Selamat buat bu Fauziah, semoga usahanya semakin berkembang.....

Diambil dari: fuadmuftie.wordpress.com

YOU MIGHT ALSO LIKE

7 komentar:

bibit kroto mengatakan...

info menarik..
Cara Budidaya Kroto Bagi Pemula
Cara Memperbanyak Koloni
Budidaya Kroto Rumahan
Makanan Semut Rangrang
Cara Memindahkan Toples kecil ke Besar
Cara Menangani Bibit Semut Kroto yang kabur
Cara Budidaya Kroto
Bibit Kroto Jogja
Fungsi Gula Batu bagi Kroto
Budidaya Kroto Rumahan
Tips Pengawetan Kroto
ternak Kroto tanpa Ratu
Ternak Kroto Semut Rangrang
Mewaspadai Jembatan Semut
Cara Memberi Makan Semut Kroto
Daya Tahan Bibit Kroto
Tiga Permasalahan ternak Kroto dan Solusinya
Bibit Semut Kroto berkurang, apa pasal
Budidaya Kroto Media Tanaman
Semut Rangrang Pelindung Tanaman Sayuran

LRGold Clothing mengatakan...

PELUANG USAHA

Bal-an Sisa Import
Pasti Untung anti Buntung
Mau wirausaha mandiri?
Bingung cari peluang usaha yang minim resiko?
Langsung aja pesan bal-an Import LRGOLD CLOTHING, bukan hanya bal ada juga paketan yang sudah siap dijual.

°° Cocok untuk yang mau buka usaha atau untuk stok di rumah/toko/butik atau ingin membuka bazar/di pasar malam °°

> Facebook : Toko Lrgoldclothing
> Bbm 1 : 740CBD9A ( FULL )
> Bbm 2 : 75A397AD
> Whats app: 0838-9989-3626
> Sms: 0838-9989-3626//0877-7653-1819
> Tlp: 0877-7653-1819

budidaya jahe merah mengatakan...

top info

budidaya jahe merah
jahe merah
budidaya jahe merah
budidaya jahe merah
budidaya jahe merah
budidaya jahe merah
budidaya jahe merah
budidaya jahe merah organik

ternak kelinci mengatakan...

makasih infonya sangat bermanfaat

ternak kelinci | Cara Mengawinkan kelinci

ternak kelinci | Cara Mengobati scabies pada kelinci
ternak kelinci | kelinci jenis lop
jual bibit kelinci | makanan bahaya bagi kelinci

jual bibit indukan kelinci | gejala penyakit serius pada kelinci

Fatimatus Solehah mengatakan...

jilbab model terbaru kunjungi , terima kasih

kelinci mengatakan...

Cakep abiisss artikelnya. Thanks
Jual Kelinci

kelinci mengatakan...

Thanks for sharing launching new enterprise.
Kelinci

Posting Komentar

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)